rss

Kamis, 29 April 2010

Defisiensi Vitamin B12 Pemicu Kesemutan

Kesemutan alias gringgingen bila tak kunjung reda tentu mengganggu. Kebanyakan kesemutan yang terjadi pada area tertentu merupakan tanda awal kerusakan jaringan saraf.
Penyebabnya bermacam-macam. Di antaranya, anggota tubuh, misalnya tangan, terlalu lama bertumpu pada sesuatu atau kaki terlalu lama duduk bersila. Untuk kasus bahu hingga ujung jari kesemutan, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. ’’Ada kemungkinan terjadi gangguan saraf atau saraf terjepit,’’ungkap Prof Dr dr M. Hasan Machfoed SpS(K) MS.
Selain itu, kesemutan sering terkait dengan gangguan metabolisme. Salah satunya dialami penderita diabetes melitus (DM). Keluhannya, burning sensation alias nyeri seperti tersiram air panas mendadak. Penderita yang semula tidur mendadak terbangun. Pada diabetic polyneuropathy, kesemutan berlanjut pada kelemahan organ gerak atau parese motorik. Kaki kram dan nyeri hebat jika digerakkan.
Misalnya, gangguan pembuluh darah pada penderita penyempitan pembuluh darah (atherosclerosis) dapat menimbulkan kesemutan. Selain itu, kekurangan vitamin B12 bisa pula ditandai gringgingen.
’’Defisiensi B12 berakibat demyelinisasi atau gangguan pada selaput (myelin) yang membungkus saraf sehingga menimbulkan kesemutan,’’kata kepala SMF Ilmu Penyakit Saraf dari RSUD dr Soetomo Surabaya itu.
Untuk mengobati kesemutan yang kadang mengganggu, gejala awal kesemutan tersebut perlu dikenali. ’’Kalau hanya disebabkan kaki yang tertekuk terlalu lama, biasanya, kesemutan akan hilang setelah berubah posisi,’’ tuturnya.
Bila pemicunya kadar gula darah tinggi, perlu dinormalkan. Jika kadar gula darah terkontrol, namun masih terasa nyeri, mungkin ada faktor psikologis. Misalnya, stres, cemas, dan depresi.
Tapi, menurut Hasan, tak semua penderita diabetes mengalami gangguan tersebut. Angka kejadiannya sekitar 45 persen. ’’Mengontrol kadar gula darah adalah tindakan yang utama,’’ ujarnya. (sumatera express, 27 april10 )


Solusi


Dari segi pemahaman sebagai seorang herbalis, ada beberapa solusi yang dapat di tawarkan. diantaranya pasien bisa di bekam atau dalah bahasa arab di sebut al hijamah atau dalam bahasa inggris di sebut cupping operation. Perlakuan ini dapat menstabilkan tekanan darah dan membantu membuat sumbatan2 di pembuluh darah. Kemudaian pasien perlu mempertimbahkan utuk menkonsumsi herba atau sayuran yang banyak mengandung vit B. Untuk itu pasien bisa mengkonsunsi Propolis secara teratur dan dengan dosis yang terukur.

0 komentar:

Iklan-iklan

Send Message


ShoutMix chat widget
 

Recent Posts

Pengikut